PERBEDAAN ANTARA NABI dan RASUL

______________________________________________________________
🔘 PERBEDAAN ANTARA NABI dan RASUL ______________ 🌍
--------------------------------------------------------------

🌳 Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taymiyyah rahimahullah,
dalam kitab An Nubuwwat juz 1 hal.184 :

فالنبي: هو الذي ينبئه الله وهو ينبئ بما أنبأ الله به فإن أرسل مع ذلك الى من خالف أمر الله ليبلغه رسالة من الله اليه فهو رسول وأما اذا كان انما يعمل بالشريعة قبله ولم يرسل هو الى أحد يبلغه عن الله رسالة فهو نبي وليس برسول ...

"Nabi adalah orang yang Allah beri wahyu.
Dan bersamaan dengan itu jika ia diutus kepada orang yang menyelisihi perintah Allah yang telah sampai perintah tersebut kepada orang yang menyelisihiya maka ia Rasul.
Adapun jika yang diberi wahyu tersebut semata-mata mengamalkan syariat Nabi sebelumnya dan tidak diutus kepada kaum yang telah sampai padanya risalah-Nya, maka ia Nabi bukan Rasul."

🖌 Dengan ini bisa kita simpulkan terkait perbedaan keduanya :
      🔹 Nabi adalah laki-laki yang diberi wahyu mengamalkan syariat Nabi sebelumnya dan diperintahkan untuk menyampaikannya kepada orang lain.
      🔸 Rasul kriterianya seperti Nabi hanya saja ia diutus kepada kaum yang menyelisishi perintah Allah.

🔇 Adapun jika ada yang berpendapat bahwa Nabi tidak diperintahakan untuk menyampaikan apa yang telah Allah wahyukan, MAKA INI BATIL !!!!
Berdasarkan firman Allah Jalla wa 'Ala :

{ قَالَ يَبْنَؤُمَّ لَا تَأْخُذْ بِلِحْيَتِى وَلَا بِرَأْسِىٓ ۖ إِنِّى خَشِيتُ أَن تَقُولَ فَرَّقْتَ بَيْنَ بَنِىٓ إِسْرٰٓئيلَ وَلَمْ تَرْقُبْ قَوْلِى }

"Harun menjawab' "Hai putera ibuku, janganlah kamu pegang janggutku dan jangan (pula) kepalaku; sesungguhnya aku khawatir bahwa kamu akan berkata (kepadaku): "Kamu telah memecah antara Bani Israil dan kamu tidak memelihara amanatku"."
[QS. Ta Ha: Ayat 94]

{ وَوَهَبْنَا لَهُۥ مِن رَّحْمَتِنَآ أَخَاهُ هٰرُونَ نَبِيًّا }

"Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya, Harun menjadi seorang nabi."
[QS. Maryam: Ayat 53]

⬆️ Harun 'alaihis salam sebagai Nabi tetap diminta untuk menyampaikan risalah Allah.

📮 Demikian pula disebutkan dalam hadits yang shahih riwayat Imam Muslim dari sahabat Abdullah bin 'Amr bin 'Ash radhiyallahu 'anhu bahwa seorang Nabi masih diperintahkan untuk menyampaikan risalah yang ia ketahui kepada umat dan dilarang menyembunyikan ilmu.

"إِنَّهُ لَمْ يَكُنْ نَبِيٌّ قَبْلِي إِلَّا كَانَ حَقًّا عَلَيْهِ أَنْ يَدُلَّ أُمَّتَهُ عَلَى خَيْرِ مَا يَعْلَمُهُ لَهُمْ ، وَيُنْذِرَهُمْ شَرَّ مَا يَعْلَمُهُ لَهُمْ"

Artinya :
"Sesungguhnya tidaklah seorang sebelumku melainkan wajib atasnya untuk menunjukkan umat kepada kebaikan yang ia ketahui untuk mereka dan memperingatkan mereka terhadap kejelekan yang ia ketahui untuk mereka."

و الله أعلم بالصواب
بارك الله فيكم



✍🏽 Akhukum fillah Abu Ishaq at Thubany
                   - Ghafarallahu lahu -

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

📚 https://tlgrm.me/kisahparaNabi

0 Response to " PERBEDAAN ANTARA NABI dan RASUL "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel