Pengertian poster menurut berbagai sumber

Pengertian Poster 

Pengertian Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil. 

Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. 
Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
( sumber Wikipedia )

Pengertian Poster

Poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. 
Umunya poster dipasang di tempat-tempat yang ramai dan strategis seperti sekolah, pasar, kantor, mall, puskesmas, dan lain-lain. Sifat informasi yang di sampaikan dalam poster umumnya bersifat mengajak.( sumber pengertian.co)




Secara umum, poster diartikan sebagai karya seni pada media kertas yang berisi gambar dan juga huruf, yang dipajang pada dinding atau tempat umum. Pada dasarnya, poster memiliki beragam informasi dan biasanya ditujukan untuk banyak orang.
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, poster dapat diartikan sebagai benda yang dipajang di tempat umum yang berfungsi sebagai pengumuman atau media promosi.
Masih Pengertian poster
 (sumber artikelmateri.com)
Poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakatJenis dan contoh poster

Menurut wikipedia, pengertian poster adalah sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar. Poster ini umumnya ditempel didinding atau permukaan yang relatif datar ditempat-tempat umum yang ramai agar informasi dan pesan yang ada didalam poster tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat.

Manfaat Poster 

Manfaat poster manurut bagi beberapa sumber hasil googling yang saya temukan diantaranya (Sumber brainly.co.id) :

 (1) sebagai penggerak perhatian
 (2) sebagai petunjuk
 (3) sebagai peringatan, pengalaman kreatif
 (4) untuk kampanye.

Masih tentang Manfaat poster dari sumber kata.co.id


Poster memiliki beberapa manfaat positif seperti:
1. Mempermudah penyebaran informasi ke masyarakat luas
2. Memberikan motivasi atau inspirasi kepada para pembaca
3. Bagi orang yang memiliki kemampuan desain grafis, poster bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan
4. Sebagai alat untuk memberikan kritik, saran dan motivasi pada masyarakat umum

Jenis jenis poster 
Ada banyak sekali jenis desain poster. Namun secara umum, poster dibedakan menjadi dua kategori yaitu:

1. Jenis-Jenis Poster Menurut Isinya
Berdasarkan isinya, poster dibedakan menjadi beberapa jenis:
Poster Pendidikan
Poster pendidikan tentu saja berisi hal-hal yang sifatnya mendidik bagi anak-anak hingga orang tua. Contohnya adalah poster PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang berusaha mengingatkan orang tua agar tidak lupa memperhatikan pendidikan anak mereka.

Poster Layanan Masyarakat
Poster ini berisi informasi seputar pelayanan masyarakat, seperti layanan pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Contohnya seperti poster layanan Posyandu. Poster ini sengaja dibuat untuk mengajak orang tua membawa anaknya ke Posyandu.

Poster Kegiatan
Poster kegiatan berisi informasi tentang diselenggarakannya kegiatan tertentu. Biasanya akan ada informasi tentang lokasi dan waktu dimulainya kegiatan.

Poster Niaga
Poster niaga berisi informasi yang menawarkan barang atau jasa buatan individu atau kelompok tertentu.


2. Jenis-Jenis Poster Menurut Tujuannya

Sedangkan menurut tujuannya, poster dibagi menjadi beberapa jenis:
  • Poster Propaganda
Poster propaganda dibuat untuk memberi semangat dan motivasi kepada masyarakat. Contohnya seperti poster zaman kemerdekaan Indonesia. Poster ini berusaha memberi semangat kepada para pemuda.
  • Poster Afirmasi
Poster ini dibuat dengan tujuan untuk memberi motivasi agar pembacanya mampu meraih kesuksesan. Contohnya adalah poster informasi beasiswa, poster bimbingan belajar, dan lain sebagainya.
  • Poster Riset
Sesuai dengan namanya, poster ini berisi informasi tentang penelitian dan hasil penelitian. Biasanya, poster ini dipasang pada papan pengumuman sekolah atau kampus.
  • Poster Wanted
Poster wanted dibuat untuk mencari buronan atau orang hilang.
  • Poster Komik
Poster komik merupakan jenis poster yang dibuat dalam bentuk komik. Poster ini cukup diminati publik karena kita seolah-olah sedang membaca komik.
  • Poster Film
Poster film merupakan poster yang dibuat untuk mempromosikan film terbaru. Poster film biasanya dibuat semenarik mungkin untuk mencuri perhatian penonton.
  • Poster Cheesecake
Poster ini dibuat dengan menyertakan gambar artis untuk menarik perhatian publik.
  • Poster Kampanye
Poster kampanye dilakukan untuk meraih simpati dan dukungan dari masyarakat. Salah satu contoh poster kampanye yang sering kita jumpai adalah poster pemilu.
  • Poster Kelas
Poster kelas merupakan jenis poster yang berisi informasi seputar siswa, ilmu pengetahuan, motivasi dan lain sebagainya. Biasanya poster ini dipajang pada papan pengumuman atau dinding sekolah.
  • Poster Komersil
Poster komersil dibuat untuk mempromosikan barang atau jasa tertentu. Jenis poster ini banyak dijumpai di mall atau pusat perbelanjaan dengan memasang artis terkenal sebagai bintang iklan.
Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian poster, ciri-ciri poster, syarat poster, tujuan poster, manfaat serta jenis poster yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai poster.
(Sumber kata.co.id)



0 Response to "Pengertian poster menurut berbagai sumber"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel